28 C
Medan
Sabtu, September 28, 2024

Latest Posts

Berdamai dengan Tuhan dan Sesama

Kita akan masuk dalam tahun Peh Dalet 5784 tepatnya pada tanggal 15 September 2023.

Tuhan Yesus bernubuat tentang kedatangannya sudah sangat dekat ketika pohon ara bertunas.

Roma 11:25 (TB) Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Ketika Israel menerima Yesus sebagai Tuhan maka ending penginjilan akan berakhir. Yesus mati untuk kita supaya berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa.
Oleh sebab itu kita perlu memperhatikan perubahan-perubahan yang tejadi.

Yohanes 10:7 (TB) Maka kata Yesus sekali lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.

Tuhan akan membawa kita masuk dalam persekutuan yang intim.

Ibrani 10:19-20 (TB) Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus,
karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,

Pada waktu Tuhan Yesus menyerahkan nyawaNya maka Tuhan membuka tirai bait kudus dan Tuhan telah membuka jalan yang baru dan hidup supaya kita bisa masuk dalam tempat kudus. Dimanakah Tuhan berada? Tuhan ada di tempat kudus, tetapi pola ibadah kita masih berada di pelataran.

Berkat tempat Kudus

Mazmur 68:35 (TB) (68-36) Allah adalah dahsyat dari dalam tempat kudus-Nya; Allah Israel, Dia mengaruniakan kekuasaan dan kekuatan kepada umat-Nya. Terpujilah Allah!

Tuhan ara ditempat kudus-Nya tetapi dimanakah keberadaan kita? Pengorbanan Kristus akan membawa kita masuk sebab darah dan daging tidak mendapat bagian dari kerajaan surga.

Kita melayani Tuhan dan Beribadah kepada Tuhan bisa menyentuh Tuhan. Tuhan meminta supaya ketika kita mempersembahkan mezbah maka kita harus berdamai. Ibadah secara manusia sudah selesai sedangkan ibadah kita adalah ibadah dimana Tuhan berada di tempat kudus-Nya.

Pada waktu kita mengampuni maka dosa kita tidak diampuni. Jika dosa kita tidak diampuni maka kita tidak bisa beribadah. Tuhan minta supaya kita berdoa dan mengasihi musuh kita.

Berbahagialah orang yang membawa damai. Berdamai itu tidak mudah.

Mazmur 73:17 (TB) sampai aku masuk ke dalam tempat kudus Allah, dan memperhatikan kesudahan mereka.

Tuhan akan menceritakan dan membukakan pewahyuan yang tidak bisa kita mengerti.

Mazmur 108:7 (TB) (108-8) Allah telah berfirman di tempat kudus-Nya: “Aku hendak beria-ria, Aku hendak membagi-bagikan Sikhem, dan lembah Sukot hendak Kuukur.

Tuhan memberikan Sikhem oleh karena Tuhan memberikan beban untuk kita melayani. Program gereja lahir oleh karena berasal dari tempat kudus.

Persepuluhan dan Pintu air surga

Ibrani 7:2 (TB) Kepadanya pun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.

Maleakhi 3:10 (TB) Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Persembahan persepuluhan muncul ketika Abraham bersama Lot. Ketika Abraham mengalahkan 9 raja maka Abraham mempersembahkan persepuluhan kepada raja Salem atau King of Peace.
Siapakah Lot? Keponakan Abraham yang dibesarkan Abraham sampai dia diberkati. Lot memilih lembah sungai Yordan, gembala-gembala bertengkar. Ketika Abraham mengetahui Lot di tawan sebagai tawanan maka Abraham mengutus org-org untuk melepaskan Lot. Dan Abraham berdoa untuk Sodom.

Kewajiban orang percaya

Roma 15:1 (TB) Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri.

Yehezkiel 22:30 (TB) Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang yang hendak mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu di hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya.

Orang yang mau berdiri di cela terhadap musuh-musuh kita.

Lukas 16:9 (TB) Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi.”

 

Pdt. R Bambang Jonan

Latest Posts

Flag Counter

Don't Miss